|

Branding Optimal dengan Cetak Plastik Kemasan

Di era teknologi seperti saat ini, bukan tidak mungkin usaha kecil dan menengah bisa bersaing dengan perusahaan besar. Tentunya, salah satu yang perlu diperhatikan adalah bagaimana tampilan kemasan plastik dari produk Anda yang dijual ke masyarakat.

Tampilan produk bukan hal yang remeh. Suatu produk bisa berjejer di supermarket dan bersaing dengan sejumlah produk kenamaan dari perusahaan besar. Cara yang digunakan adalah dengan menggunakan cetak plastik kemasan digital, atau menggunakan teknik printing di plastik kemasan.

Cetak plastik kemasan ini sering juga disebut dengan nama flexypack. Ini berbeda dengan kemasan sebelumnya, di mana plastik bening ditempel dengan stiker kertas. Lalu, dijajakan di supermarket atau di warung-warung kecil. Namun melihat kemasan yang seperti itu, pelanggan mempertanyakan kualitas produk, sehingga jadi ragu untuk membeli.

Sedangkan untuk cetak plastik kemasan digital, menjadikan tampilan produk lebih cantik, menarik, dan menjadikan kepercayaan publik menjadi lebih baik. Kemasan menjadi full color dan jauh lebih menarik dan meningkatkan nilai jual produk tersebut.

Meski demikian, Anda tidak bisa langsung ujug-ujung mencetak kemasan plastik digital full color tersebut. Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan hal tersebut. Apabila setelah Anda memenuhi hal-hal ini, maka Anda bisa membuat bisnis Anda naik ke level berikutnya.

Pertama, siapkan dulu nama produk tersebut. Tentunya, nama produk belum tentu sama dengan nama brand Anda. Seperti nama rokok yang berbeda dengan “brand”-nya. Katakanlah, rokok Surya 16 berasal dari brand Gudang Garam. Orang-orang tidak akan menyebut nama Gudang Garam ketika akan membeli produk tersebut. Usahakanlah nama produk tersebut mudah diingat, terkesan positif, dan memberikan kesan menarik bagi calon pembeli.

Kedua, siapkan logo yang terbaik untuk produk Anda. Logo sebisanya simpel, mudah diingat, dan mudah diaplikasikan di mana saja. Mungkin Anda bisa memikirkan ide dan konsepnya, sebelum akhirnya logo tersebut di-finishing oleh ahli pembuat logo.

Ketiga, siapkan kata-kata semacam tagline untuk produk Anda. Misalnya, nama produk Anda “Keripik A” dan taglinenya, “Bikin Pengen Ngunyah Semalaman”. Tagline yang pendek dan memorable membuat produk tersebut lebih menarik.

Keempat, siapkan warna dan desain yang sesuai dengan produk Anda. Warna merah misalnya akan cocok untuk produk-produk makanan yang pedas. Warna kuning akan cocok untuk produk makanan yang garing. Warna hijau akan cocok untuk produk makanan berbahan alami. Begitu seterusnya. Warna dan desain tersebut akan menjadikan tampilan dari kemasan Anda semakin cantik dan menarik perhatian pembeli.

Setelah empat hal tadi dipenuhi, Anda bisa menghubungi jasa cetak plastik kemasan digital yang full color. Akan sangat menarik bila akhirnya Anda mendesainnya dengan sempurna, atau melibatkan desainer yang profesional untuk memperindah kemasan Anda. Selanjutnya, promosikan produk Anda dengan lebih berani, dan siap bersaing dengan sejumlah produk besar.

Saat minyak goreng sempat langka beberapa waktu lalu, mungkin Anda juga menyadari bahwa sejumlah brand baru dari UMKM membanjiri supermarket. Entah berapa banyak merek baru dari minyak goreng tersebut siap bersaing dengan produk yang lebih besar. Salah satu kekuatan yang digunakan sjeumlah produk baru tersebut adalah, yah cetak plastik kemasan yang menjadikan tampilannya lebih menarik.

Dengan demikian, Anda bisa melihat contoh bagaimana dengan sebuah peluang yang baik, sebuah produk dari UMKM bisa bersaing dengan produk dari perusahaan raksasa yang sudah puluhan tahun membangun bisnis yang sama.

Nah, bagi kamu yang sedang membutuhkan kemasan plastik atau membutuhkan cetak plastik kemasan untuk produk makanan, anda bisa memesannya di kami di Indo Cemerlang packaging.

Similar Posts