Tips Memilih Cetak Plastik Kemasan Sesuai Kebutuhan Usaha
Plastik sering dipilih sebagai kemasan produk saat kita berbelanja atau membawanya. Selain untuk melindungi produk dari kerusakan, kemasan plastik juga menjadi daya tarik dan membangun kepercayaan konsumen. Oleh karena itu penting untuk memilih cetak plastik kemasan yang sesuai dengan kebutuhan agar usaha yang ada jalani dapat berjalan dengan baik. Hal inilah yang menjadi peting untuk diperhatikan dalam memilih plastik kemasan tersebut.
Bagi seseorang yang baru memulai usaha, pemilihan kemasan plastik sering kali cukup tricky. Jika kemasan produk dibikin bagus, harga jualnya menjadi lebih mahal. Padahal, produk belum tentu laku. Namun, kemasan polos juga tidak terlalu menarik konsumen.
Tips Sebelum Cetak Plastik Kemasan
Hampir semua pengusaha sepakat bahwa kemasan plastik adalah faktor yang ikut menentukan dalam proses pengiriman, penjualan, dan pemasaran produk. Berikut ini beberapa tips yang perlu dipraktikkan untuk mendapatkan kemasan plastik terbaik.
1. Kenali Jenis Plastik Kemasan
Mengenali jenis plastik kemasan adalah tips pertama yang perlu dipraktikkan. Ada dua jenis plastik kemasan yang umum digunakan sebagai pembungkus plastik, yaitu pouch dan stand up plastic.
- Pouch/Bag
Plastik kemasansering disebut kemasan pillow karena bentuknya seperti bantal. Jenis plastik paling digunakan di pasaran. Harganya terlalu mahal sehingga cenderung dipilih oleh seseorang yang sedang memulai usaha.
- Stand up Plastic
Plastik jenis stand up memiliki beberapa keunggulan, di antaranya bisa diletakkan dalam posisi berdiri sehingga bisa dipajang di mana saja. Dengan posisi berdiri, plastik ini mampu menghindari isi produk agar tidak tumpah.
2. Kenali Fitur Kemasan
Fitur pada kemasan bisa menambah nilai estetik pada plastik dan memperbesar fungsi pada kemasan plastik itu sendiri. Jadi, mengenali fitur pada kemasan plastik adalah tips kedua yang perlu Anda lakukan. Simak jenis-jenisnya, yuk!
- Pinch Cutter
Pinch cutter adalah fitur penyobek yang memudahkan konsumen untuk membuka kemasan plastik. Bentuknya runcing kecil di sudut atas plastik. Dengan fitur ini, konsumen tidak membutuhkan cutter atau gunting untuk membukanya.
- Jahitan Korporasi
Fitur ini memiliki fungsi yang sama dengan pinch cutter, yaitu memudahkan konsumen saat membuka kemasan produk. Jahitan korporasi ini biasanya terdapat di sepanjang segel pada bagian atas kemasan dan mudah disobek.
- Lubang
Lubang pada kemasan memudahkan penjual untuk memajang produk dan memudahkan pengambilan produk. Lubang ini biasanya dimasukkan ke rak atau kawat gantungan. Pembeli cukup menggesernya saat mengambil produk.
- Zipper
Zipper memungkinkan konsumen untuk membuka dan menutup kembali plastik kemasan jika isinya belum habis. Fitur ini juga berfungsi untuk mencegah tumpahnya produk dan mempertahankan kerenyahan snack yang tersisa.
3. Pilih Desain Cetak Plastik Kemasan sesuai Kebutuhan
Untuk menghemat biaya, kemasan plastik polos sering dipilih saat seseorang mulai mengenalkan produk. Namun, ada baiknya membuat desain plastik pembungkus agar produk lebih menarik dan mudah dikenali. Seperti apa contohnya?
- Cetak Stiker
Anda bisa membuat desain dan mencetak stiker di luar pembelian plastik. Ukuran stiker biasanya tidak terlalu besar, menyesuaikan dengan ukuran kemasan plastiknya sehingga mudah ditempel secara manual.
- Cetak Sablon
Cetak sablon plastik adalah memindahkan atau menempelkan sebuah pola berdesain ke atas plastik kemasan. Ongkos sablon cukup murah, dicetak dalam jumlah banyak. Sayangnya, tidak semua jenis plastik bisa disablon dengan baik.
- Cetak Printing
Desain printing memiliki tampilan yang lebih menarik, bahkan bisa full color. Oleh karena itu, Anda mungkin harus mengeluarkan anggaran yang luar biasa. Untuk menghemat biaya, pencetakan biasanya dilakukan dalam jumlah banyak.
Ketepatan memilih jenis kemasan plastik ikut berpengaruh pada kualitas dan keberhasilan penjualan produk. Tips memilih cetak plastik kemasan yang terbaik, adalah hal yang perlu dipraktikkan untuk mendapatkan kemasan plastik yang sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang keberhasilan penjualan produk yang anda tawarkan kepada konsumen.